Minggu, 01 Maret 2009

Jalur Selatan KA Kembali Normal

Garut,RRI (senin,2 maret 09 )

Jalur selatan Kereta Api (KA) yang terputus karena tanah amblas sedalam sepuluh meter kembali bisa beroperasi. Kepastian ini diperoleh setelah jalur di Kp. Cikadongdong, Desa Mekarmulya, Kec. Malangbong tersebut hari ini (1/3) dilintasi kereta berpenumpang secara normal.Pihak KA menyatakan bahwa KA dari dan ke Bandung-Yogya-Solo-Surabaya sudah dapat melalui lintas selatan (Bandung-Tasikmalaya), sehingga pengalihan KA bandung-Surabaya ke jalur utara yang memutar via Cikampek-Cirebon-Purwokerto-Kroya sudah tidak diberlakukan.Kendati demikian, dalam tahap pasca perbaikan jalur ini, semua kereta yang melintas harus mengurangi kecepatan hingga 5km/jam. Hasil uji coba pagi tadi, setelah dua kereta berpenumpang yakni Pasundan dan Argo Wilis melintas dengan kecepatan yang disyaratkan, tidak terjadi perubahan pada jalur maupun tanah di lokasi perbaikan.
Sebelum dapat dilintasi secara normal sehari sebelumnya dilakukan Uji coba bantalan rel kereta api (KA) yang menggantung akibat tanah ambles di Kampung Cikadongdong Desa Mekarmulya Kec. Malangbong, berhasil dilakukan sore tadi (28/2) menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB). Kereta tersebut terdiri dari lokomotif dan dua gerbong yang memuat batu kerikil sehingga beban secara keseluruhannya cukup berat dan dinyatakan layak untuk menguji coba.
Sejak amblasnya rel KA di jalur Cipeundeuy-Bumi Waluya 3 hari lalu, perjalanan KA jalur selatan lumpuh. Upaya perbaikan terus dilakukan PT KAI meski medan berat karena terus diguyur hujan,hingga proses perbaikan dinyatakan selesai sesuai target pihak KAI.
Karena dalam uji coba tidak ada ditemukan permasalahan serius, maka jalur itu akan kembali difungsikan. Sebagai uji coba pertama, akan diluncurkan kereta api berpenumpang, besok Minggu (1/3) sekira Pk.08.00. Dalam uji coba tersebut, kereta akan melintas ekstra hati-hati dengan penurunan kecepatan hingga maksimal 5 km/jam.Irwan Rudiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar